Membuat tapai! Hahahahaha

November 2, 2009 pukul 2:53 am | Ditulis dalam Uncategorized | 6 Komentar
Tag: , , , , ,

Pembuatan Tapai Sendiri, Mudah dan Mengenyangkan!!!

Siapa yang tidak tahu dengan tapai?😀 Makanan fermentasi ubi atau juga beras ketan ini sering Kita jumpai. Khususnya tapai ubi yang sering dijumpai di toko-toko dengan daun pisang sebagai pembungkusnya.

Lembut dan Manis, rasa yang khas dari sebuah tapai ubi. Tapai ubi juga murah meriah, sama seperti bahan utamanya, ubi yang juga disebut makanan rakyat.

Terbesit pikiran untuk membuatnya sendiri? Jangan khawatir, semua orang bisa membuatnya asalkan memiliki bahan-bahan dan kemauan untuk membuatnya. Tentu itu adalah modal utama, iya kan?

Oke…, berikut adalah bahan-bahan pembuatan tapai ubi:
1)Ubi
2)Ragi

Lalu…, jangan lupa alat pembuatannya seperti bungkus, alat pemasak, wadah tempat fermentasi tapai.

Sudah cukup dengan bahan-bahannya…, berikut adalah cara pembuatan tapai!
1.Ubi dikupas kulitnya, dicuci, kemudian direbus sampai matang!
2.Ubi yang sudah direbus sampai matang, ditiriskan.
3.Ubi yang sudah ditiriskan dilumuri dengan ragi.
4.Setelah itu, diamkan ubi yang diberi ragi di dalam wadah tertutup rapat 1-3 hari (tergantung selera).

Nah, mudah bukan? Tidak terlalu sulit jika Anda mencobanya. Selain lebih murah, juga lebih higienis karena tidak dibiarkan di ruangan terbuka seperti di toko-toko.

Bagaimana…? Mau mencobanya?

Tapi hahahaha

Tapai yang enak,,.,

😀

sumber gambar http://4.bp.blogspot.com/_9x8ceIQlgc4/RoYXmKXv8XI/AAAAAAAABoY/oTBilDImUR0/s1600/TAPAI%2BUBI.JPG

6 Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. selain ubi dan ketan…….
    ada yang lain nggak yg bisa buat tapai???

    • mm…, apa ya? aku juga baru tahu cuma ubi dan ketan aja yang bisa dijadiin tapai. (ditempatku ketan disebut pulut)😀

  2. semekom…. nie kak kiah , nk tmpang tnye..eeeemmmm!!!!! ape eh!kak kiah nk ckp pun dh lupe, maklum lah dh muda lagi(tua)….ooooooo!!!! bru kak kiah ingat, NK BUAT TAPAI X PKAI GULE EH…KALO X PKAI GULE , KNAPE TAPAI 2 MNIS…

    • sebenarnya gak pake gula pun sudah manis ^_^

      yaiyalah manis, coz ada gulanya ahahha😀

  3. saya udah nyoba bikin tape ubi, tapi kok gagal? kenapa ya?

    • hmb.., kurang tau juga nih.., mas😦


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.
Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: