Arti Gaul Sesungguhnya (Mari dibahas dari sisi bahasa)

September 20, 2009 pukul 11:23 pm | Ditulis dalam Bahasa, Uncategorized | 13 Komentar
Tag: , , , , , , , , , ,

Mungkin orang beranggapan bahwa anak gaul itu identik dengan aneka pernak-pernik yang melekat ditubuhnya. Seperti, gelang, cincin, anting-anting, kalung, rantai, dan lain-lain.

Pernyataan di atas diperkuat dari hasil perbincangan dengan teman-teman sekolah. Banyak siswa yang beranggapan bahwa anak gaul itu adalah sama seperti yang di atas. Padahal, arti dari gaul itu sendiri bukanlah demikian.
Banyak anak muda menganggap jika tidak merokok bukanlah anak gaul atau pun jika tidak menindidik telinganya (khusus cowok) itu bukan anak gaul. Namun, anggapan itu salah. Jika kita merokok justru merugikan kesehatan dan memboroskan uang jajan dan menindik telinga itu sangatlah sakit, kalau asal-asalan bisa tetanus dan berakibat kematian. Death. K. O.

Sekarang, jika ingin mengetahui arti gaul itu sebenarnya, bukalah Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dan cari pada halaman “G” istlah “gaul” Jika telah menemukannya, arti gaul itu adalah hidup berteman atau bersahabat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa anak gaul adalah anak yang hidup berteman. Bersahabat dengan teman-teman dilingkungannya. Jadi, dari mana kita mendapatkan bahwa anak gaul itu harus menggunakan pernak-pernik itu? Jawabannya hanya satu. Trend. Trend adalah model-model yang digemari pada masa-masa tertentu. Pada saat lagi nge-trend memakai jaket di sekolah, semua memakainya. Saat nge-trend rambut berdiri kayak Bangsa Seiya (berdiri, mohawk), semua mendirikan rambutnya.

Itulah sebagian contoh yang dimasukkan dalam persyaratan menjadi anak gaul. Padahal semua itu salah. Untuk menjadi anak gaul hanyalah tinggal bersahabat dengan orang-orang sekitar atau tetangga, tapi harus pilih-pilih dulu dan mengetahui apa-apa saja yang telah terjadi di daerahnya.

Jadi, kalau ingin disimpulkan lagi lebih mendalam, anak gaul adalah anak yang bersahabat dengan seseorang atau lebih di dalam masyarakat dan daerah tertentu.

Jadi, bahwa anak gaul itu sesungguhnya tidaklah harus memakai pernak-pernik yang menonjolkan ciri khas preman. Melainkan, anak gaul adalah orang yang bersahabat dengan siapa saja dan dimana saja, asalkan yang menjadi sahabat kita itu bukanlah sampah masyarakat.

Pernah dipublikasikan di mading SMP Negeri 1 Sungai Kakap pada tahun 2005 dan di mading SMA Negeri 1 Sungai Kakap pada tahun 2007

About these ads

13 Komentar »

Umpan RSS untuk komentar-komentar pada pos ini. TrackBack URI

  1. Kalau dilihat dari pengertian “hidup berteman atau bersahabat”, bagaimana jika teman-teman di sekitar kita semua hidup dengan tren yang demikian rupa? Haruskah kita mengikuti tren tersebut? Karena jika tidak, maka kita tidak dapat menyatu dengan golongan tersebut, dan akhirnya definisi “hidup berteman atau bersahabat” itu bukankah tidak tercapai?

    • Hm…, kalau kita memahami apa itu “tren” (oh iya, bahasa serapan ini ditulis tren apa trend, yach? Hahaha :-D) yang Anda maksud. Otomatis tren tentang hidup berteman atau bersahabat hanya berlaku pada masa tertentu saja.

      Jadi…, perlu atau tidak perlu tergantung si Subyek yang berpikiran demikian. Karena jika tren seperti ini dikaitkan dengan arti “Gaul” secara bahasa, maka akan ada kaitannya yang susah diputus.

      Kalau ikut tren tersebut maka secara otomatis akan menjalani apa itu “gaul” secara arti bahasa. Dan jika tidak diikuti, ada dua kemungkinan:

      1. Tidak mengikuti tren tersebut dan hanya menjalani “gaul” sesuai maknanya dalam bahasa yang otomatis juga kegiatan ini hampir sama mengikuti tren tersebut.
      2. Tidak mengikuti tren dan juga tidak menjalani “gaul” secara bahasa.

      Ya, kurang lebih gitu :-D (kata-kata dari anak yang sedang berusaha :-D)

  2. Eksplorasi kebahasaan yang sangat baik. Selanjutnya, bisa dijelaskan tentang kebahasaan sebagai bagian dari filsafat? Tanpa bermaksud melenceng dari topik bahasa ini sendiri, saya sungguh bertanya-tanya, seberapa pentingnya bahasa dalam pemahaman bidang lain, contohnya filsafat. Silakan coba digali dan saya tunggu analisisnya.

    • Yaps, bahasa memang penting untuk sebuah pemahaman yang akan muncul nantinya. Oleh karena itu, sumbernya harus membuat bahasa yang digunakan sebaik mungkin untuk menghindari penafsiran yang melenceng. Walaupun sebenarnya setelah sumber tersebut telah mencantumkan pengertiannya secara sederhana dan mudah dipahami, masih saja ada yang suka main plesetan :)

      Contohnya sebuah istilah yang sering diplesetkan untuk kepentingan sesaat adalah:
      “Beribadahkan harus dengan hati yang ikhlas, sekarang hati Saya sedang tidak ingin beribadah. Tunggu hati ini ikhlas dulu, dong! Kalau beribadah sekarang juga kan percuma saja!

      Ya…, begitulah :)

      Penafsiran seperti itu memang ada benarnya, tapi kalau ditelaah lagi, sebenarnya jawaban itu bukanlah yang tepat. Mungkin yang hampir mendekati adalah:
      Ibadah harus dengan hati yang ikhlas. Maka Kita harus bisa menjalankannya dengan penuh keikhlasan dan suka cita.

      Itu tanggapan Saya! :)

      Jadi, kedua arti yang cukup berbeda dengan sumber bahasa yang sama. Penafsiran memang tergantung yang menafsir. Kalau yang suka menafsir hasil tafsirannya juga sering disebut filsafat hehehe :) apa bener ya?

  3. kalau arti pergaulan apa ?

    • Hm…, kalau menurutku sih pergaulan bisa diartikan salah satu kegiatan sosial dimana terjadi interaksi baik indvidu ke individu dan individu ke kelompok. Contohnya…, seperti saling berkumpul bersama, melakukan hal bersama-sama (seperti kerja, belajar kelompok, dll).

      Kurang lebih begitu. :D

      Kata “gaul” dan kata “pergaulan” memang memiliki makna yang berbeda. Bagaimana? Ada usul :)

  4. taat peraturan dan disiplin itu baru GAUUUL ….

    • mantap dah :D

  5. haha gabung ya ke web aku di http://www.gaul.co thx

  6. *NUMPANG LEWAT Gampang, Murah, dan Lengkap kamu bisa langsung dapatkan di HP kamu ribuan konten seperti GAME, VIDEO, KOMIK, THEME, RINGTONE, DAN WALLPAPER yang bisa kamu download. Ramai dan banyak pilihannya, pasti tidak akan nyesel dechhh.. Caranya kamu tinggal ketik REG MAIN kirim ke 9789(khusus pengguna Telkomsel, yach..)atau Coba masuk aja ke WAP RujakAsik di http://m.rujakasik.com dari browser HP kamu. Selamat Mencoba…. ^_^

  7. *NUMPANG LEWAT
    Ingin mengubah tampilan facebook… bosan dengan tampilan yg itu2 saja… ingin mendapat teman sebanyak2 dan menambah relasi kerja …. ingin berbisnis melalui facebook… kamu akan mendapatkan info2 penting tentang trik2 membuat facebook sampai dengan berbisnis melalui facebook dengan ketik REG FB kirim ke 9789( khusus pengguna telkomsel) Ayo Gabung!…. jangan sampe ketinggalan update2 info tentang facebook…….

  8. makasiih bgttt…… info ini bakall bermanpaat bgtt untukk semua oranggg khususnya saya

    • sama2 :)

      thx atas apresiasinya ;)

      semoga bisa jadi ppencerahan ehehhe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Buat situs web atau blog gratis di WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries dan komentar feeds.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: